7 Tips Mempersiapkan Bisnis Properti Kecil – Kecilan bagi Pemula

7 Tips Mempersiapkan Bisnis Properti Kecil – Kecilan untuk PemulaBisnis properti merupakan satu dari sekian banyak bidang bisnis paling potensial dan paling menguntungkan yang ada pada saat ini. Jika dibandingkan dengan beberapa bidang bisnis yang lain nya, bidang bisnis properti cenderung memiliki potensi keuntungan yang jauh lebih besar dengan tingkat resiko yang sangat rendah atau bahkan nyaris tidak ada sama sekali. Tak heran akhir – akhir ini ada banyak sekali masyarakat yang ingin memulai bisnis properti kecil – kecilan sendiri.

Nah, bila Anda saat ini sedang berencana untuk terjun ke sektor bisnis properti namun belum memiliki pengalaman sama sekali, berikut merupakan beberapa tips mempersiapkan bisnis properti kecil – kecilan untuk pemula yang layak untuk Anda coba:

Tips Sukses Mempersiapkan Bisnis Properti untuk Pemula

  1. Mulai Sebagai Tenaga Pemasaran

Hampir sama dengan semua bidang bisnis yang lain nya, jantung dari bisnis properti juga terletak pada sektor pemasaran. Sebagus dan setinggi apa pun kualitas produk properti yang Anda miliki / hendak Anda pasarkan, jika Anda tidak mamiliki kemampuan untuk memasarkan nya, maka produk tersebut tidak akan laku terjual.

Nah, maka dari itu, jika Anda ingin sukses di bisnis ini, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menguasai teknik penjualan.

cara sukses berbisnis properti untuk pemula - 7 Tips Mempersiapkan Bisnis Properti Kecil - Kecilan bagi Pemula

Untuk bisa menguasai teknik penjualan produk properti sendiri, salah satu langkah termudah dan terbaik yang bisa Anda tempuh adalah dengan menjadi tenaga pemasaran perusahaan developer properti atau pun marketing agency yang sudah bonafid.

Satu hal yang harus selalu Anda ingat, tujuan utama Anda bergabung menjadi tenaga pemasaran perusahaan lain adalah menimba ilmu sebagai persiapan memulai bisnis properti kecil – kecilan milik Anda sendiri, dan bukan untuk mencari penghasilan! Hal ini penting untuk selalu diingat, mengingat aktivitas penjualan properti tergolong ke dalam aktivitas yang cukup rumit dan kompleks.

  1. Manfaatkan Semua Fasilitas yang Tersedia

Untuk mempermudah dan mempercepat proses belajar Anda sebagai tenaga pemasar properti, Anda sebaiknya memanfaatkan seluruh fasilitas yang tersedia di perusahaan tempat Anda bekerja.

Contoh nya, bila perusahaan tempat Anda bekerja menyediakan website market place khusus untuk produk properti untuk tenaga pemasaran mereka, Anda harus memanfaatkan website tersebut sebaik mungkin.

Dengan memanfaatkan seluruh fasilitas yang tersedia secara maksimal, nanti nya Anda dapat menentukan fasilitas dan metode penjualan mana yang paling potensial di sektor properti, dan pada akhirnya Anda akan lebih mudah dalam menjalankan bisnis properti kecil – kecilan milik Anda sendiri.

  1. Bangun Hubungan Baik dengan Para Pihak Terkait

Bisnis properti merupakan bisnis kerja sama. Anda hanya bisa sukses di bisnis ini jika dan hanya jika Anda bisa bekerja sama dengan para pihak terkait, baik itu dengan developer properti, dengan calon konsumen, dengan pemerintahan setempat, dengan pihak perbankan atau pun lembaga pembiayaan, dan beberapa para pihak terkait lain nya.

Nah, maka dari itu, agar nanti nya bisnis properti kecil – kecilan yang Anda jalan kan bisa berjalan dengan lancar, Anda harus bisa membangun hubungan baik dengan para pihak terkait  sejak Anda masih bekerja di perusahaan properti milik orang lain.

Dengan begitu, nanti nya begitu perusahaan properti milik Anda dilaunching, Anda sudah tidak perlu kebingungan dan kesulitan lagi dalam menjalin kerja sama dengan para pihak terkait.

  1. Jangan Ambil Semua Peluang! Pilih Ceruk Pasar yang Paling Potensial

Jika dilihat sekilas, mengambil seluruh peluang yang ada memang terkesan dapat meningkatkan potensi untuk sukses. Namun begitu, jika dicermati dengan rinci, mengambil semua peluang ternyata juga dapat membuat diri Anda menjadi tidak fokus dan pada akhir nya malah tidak mendapat apa pun sama sekali.

Contoh nya, di sektor properti, Anda dapat memasarkan rukan, ruko, apartemen, dan perumahan murah secara bersamaan. Jika dilihat sekilas, potensi Anda untuk mendapatkan konsumen tentunya akan semakin besar bukan? Namun kenyataan nya, jika yang Anda handle terlalu banyak, Anda akan menjadi tidak fokus, sehingga pada akhirnya Anda malah tidak dapat mendapatkan satu konsumen pun sama sekali.

Nah, maka dari itu, akan jauh lebih bijak jika Anda hanya mengambil ceruk pasar yang paling potensial saja.

trik mudah berbisnis properti kecil kecilan - 7 Tips Mempersiapkan Bisnis Properti Kecil - Kecilan bagi Pemula

Misal nya, jika lokasi perusahaan Anda berada di daerah pinggiran kota atau pun daerah pedesaan, Anda dapat berfokus pada produk properti perumahan harga terjangkau dan atau rumah susun berharga terjangkau saja yang notabene memang sangat dibutuhkan oleh masyarakat sekitar.

  1. Sediakan Sesuatu yang “Berbeda”

Untuk memberikan nilai tambah, Anda harus menghadirkan sesuatu yang berbeda dari apa yang dihadirkan oleh perusahaan – perusahaan properti yang lain nya.

Nilai tambah ini dapat dikaitkan dengan harga, kualitas properti dalam hal ketahanan dan desain, pilihan opsi pembayaran, dan berbagai macam alternatif nilai tambah yang lain nya.

Poin terpenting yang harus Anda perhatikan adalah Anda harus memiliki keunggulan dibandingkan dengan para pesaing Anda. Dengan begitu, pada akhirnya nanti, calon konsumen akan merasa “lebih diuntungkan” jika membeli properti pada Anda dibandingkan dengan membeli properti di tempat lain nya.

Dan kesemuaan hal di atas harus bisa Anda pelajari sebelum Anda memulai bisnis properti kecil – kecilan milik Anda sendiri, yaitu ketika Anda masih bekerja di perusahaan properti milik orang lain.

  1. Utamakan Kualitas Pelayanan dan Bangun Reputasi

Selain harus menghadirkan “sesuatu yang berbeda”, untuk memenangkan persaingan antar sesama tenaga pemasaran properti, Anda juga harus selalu mengutamakan kualitas pelayanan Anda.

Sebisa mungkin Anda harus memenuhi semua hal terkait properti yang dibutuhkan oleh calon pembeli Anda.

Dengan begitu, nanti nya Anda akan menjadi terbiasa dan mampu membiasakan diri Anda dan (mungkin) juga karyawan – karyawan Anda untuk selalu memberikan pelayanan utama kepada konsumen di perusahaan properti milik Anda.

Selain itu, reputasi Anda di mata para pihak terkait pun nanti nya akan terlihat semakin baik, dan jalan Anda untuk memulai bisnis properti kecil – kecilan sendiri pun akhirnya akan menjadi semakin mudah.

  1. Mulai Usaha Anda dengan Memanfaatkan Jaringan

Terakhir, setelah semua tahapan di atas Anda lalui, Anda dapat mulai mendirikan perusahaan properti Anda sendiri dengan memanfaatkan semua ilmu dan jaringan yang telah anda bangun sebelumnya.

Satu hal yang harus Anda ingat, untuk menekan biaya modal, Anda harus bisa memanfaatkan jaringan yang Anda punya dengan sebaik mungkin, entah itu dengan pihak developer properti, dengan konsumen, atau pun dengan lembaga pembiayaan yang tersedia.

Disamping itu, agar perusahaan Anda tidak jalan di tempat, Anda sebaiknya juga terus berupaya untuk memperluas skala usaha properti Anda dengan cara memperluas jaringan bisnis Anda.

Itulah beberapa tips bisnis properti kecil – kecilan untuk pemula yang bisa kami bagikan untuk Anda. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya!