Inspirasi Desain Ruang Kerja Dan Belajar untuk Rumah Anda

Keberadaan ruang kerja dan ruang belajar di rumah acap kali disepelekan karena pemilik merasa keduanya dapat digabungkan dengan ruang tidur. Padahal, memisahkan keduanya dari kamar tidur dapat membantu pemilik ataupun penghuni rumah lain beristirahat lebih tenang karena tidak terganggu oleh pikiran akan pekerjaan maupun tugas-tugas sekolah.

Desain Ruang Kerja Pribadi

Ruang kerja dibutuhkan bagi pemilik atau penghuni rumah yang berstatus sebagai karyawan guna menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan yang belum sempat dibereskan di kantor. Menilik kebutuhannya, maka ruang kerja harus didesain sebaik mungkin di mana menciptakan ketenangan yang dapat membantu penggunanya berkonsentrasi menyelesaikan pekerjaan.

Desain Ruang Kerja Pribadi 1 » Inspirasi Desain Ruang Kerja Dan Belajar untuk Rumah Anda Desain Ruang Kerja Pribadi 2 » Inspirasi Desain Ruang Kerja Dan Belajar untuk Rumah Anda Desain Ruang Kerja Pribadi 3 » Inspirasi Desain Ruang Kerja Dan Belajar untuk Rumah Anda Desain Ruang Kerja Pribadi dengan Kursi Nyaman » Inspirasi Desain Ruang Kerja Dan Belajar untuk Rumah Anda Desain Ruang Kerja Pribadi Rapi » Inspirasi Desain Ruang Kerja Dan Belajar untuk Rumah Anda

  1. Ruang kerja yang satu ini menggunakan warna-warna soft dan netral seperti cokelat, krem, dan putih sebagai kombinasi. Meja, lemari laci, dan rak dinding memiliki desain saling bertumpukan. Penyangga rak dinding menggunakan warna hitam untuk menyeimbangkan lampu meja dan sofa yang berwarna kuning agar tidak timpang dengan kombinasi warna lain.
  2. Jika menginginkan ruang kerja yang menyegarkan, maka gunakan ruangan yang memiliki akses langsung ke luar rumah seperti berikut ini. Penggunaan kaca untuk ruangan dimaksimalkan agar pengguna ruangan dengan mudah menyaksikan pemandangan di luar. Dengan demikian, sebanyak apa pun tumpukan pekerjaan yang harus diselesaikan tidak akan terasa terlalu berat. Bingkai jendela dan pintu menggunakan kayu yang dipoles dengan warna cokelat agak gelap dibandingkan dengan warna kayu yang digunakan pada lantai. Cat pada dinding ruangan didominasi warna abu-abu dan krem yang soft, sedangkan perangkat meja kerja beserta kursi berwarna putih. Lampu bertudung stanisless memberikan sentuhan unik pada interior ruangan.
  1. Kombinasi putih dan hitam yang cool dipilih sebagai konsep ruang kerja ini. Cat dinding sepenuhnya menggunakan warna putih. Supaya tidak tampak membosankan, pada dinding dibuat rongga yang berfungsi sebagai rak untuk meletakkan buku-buku atau barang pajangan sekaligus juga memaksimalkan pemanfaatan ruang agar tidak perlu menambahkan rak lagi. Untuk set meja kerja merupakan perpaduan dari warna hitam dan putih. Meja berwarna putih, namun memiliki penyangga hitam, kursi berwarna hitam total, begitu pula dengan table lamp. Lantai kayu dipilih sebagai lantai ruangan untuk memberikan sentuhan warna lain atas kedua warna yang bersifat netral tersebut agar tidak terasa membosankan.
  1. Desain ruang kerja berikut ini juga masih menggunakan perpaduan warna hitam dan putih sebagai dominan, namun memiliki proporsi berbeda di mana warna hitam lebih kuat dibandingkan desain sebelumnya di mana putih memegang kuasa. 75% dinding ruangan berwarna hitam, sedangkan 25% sisanya berwarna putih. Meja yang dipilih memiliki konsep menyatu dengan dinding, mirip dengan tiga susun wall rak di atasnya. Laci yang menjadi satu dengan meja terbuat dari kayu berwarna cokelat gelap mengkilat. Sementara untuk kursi senada dengan lantai keramik, yakni menggunakan warna abu-abu. Dinding yang berwarna hitam dapat diramaikan dengan tulisan-tulisan memakai kapur.
  1. Ruang kerja berikut ini benar-benar unik dan anti-mainstream. Menggunakan bata merah yang tidak dipoles sebagai dinding ruangan, ruang kerja ini terasa begitu klasik. Terlebih dengan adanya perapian di sudut yang dapat menghangatkan ruangan saat cuaca terlalu dingin. Cermin persegi berbingkai kayu diletakkan di atasnya untuk memberi sentuhan modern. Meja dan kursinya terbuat dari besi ringan yang kokoh berwarna perak. Rak dinding diletakkan pada sudut di samping perapian yang agak menjorok dan difungsikan sebagai tempat menyimpan buku-buku. Jendela yang menghadap langsung ke jalan berbingkai kayu dan senada dengan lantai, yakni berwarna cokelat mengkilap.

Desain Ruang Belajar Anak

Ruang belajar anak sebaiknya dipisahkan dari kamar tidur agar tidak memancing rasa kantuk pada mereka. Supaya anak-anak tidak merasa malas, maka desain ruang belajar pun harus dibuat sedemikian rupa agar mereka merasa betah dan menjadi giat. Berikut ini adalah ide-ide yang dapat diterapkan untuk desain ruang belajar anak :

Desain Ruang Belajar Anak dengan Suasana Nyaman » Inspirasi Desain Ruang Kerja Dan Belajar untuk Rumah Anda  » Inspirasi Desain Ruang Kerja Dan Belajar untuk Rumah Anda Desain Ruang Belajar Anak Warna Hijau » Inspirasi Desain Ruang Kerja Dan Belajar untuk Rumah Anda  » Inspirasi Desain Ruang Kerja Dan Belajar untuk Rumah Anda  » Inspirasi Desain Ruang Kerja Dan Belajar untuk Rumah Anda

  1. Colorful atau warna warni merupakan konsep dari ruang belajar ini. Tanpa meja, anak bisa duduk di sofa bulu aneka warna yang empuk. Dinding ruangan menggunakan cat berwarna cokelat muda yang juga dihias semarak dengan stiker-stiker dinding unik seperti pohon, angka, satwa, juga papan jadwal pelajaran. Perlu dicatat bahwa desain ruang belajar seperti ini lebih cocok untuk anak-anak yang baru memasuki sekolah TK atau tingkat awal SD karena mereka masih sulit berkonsentrasi untuk belajar, sehingga memerlukan ruang belajar yang menyenangkan supaya tidak merasa jenuh ketika orang tua sedang mengajarinya. Lantainya juga dilapisi karpet senada dinding.
  1. Dominasi warna putih tampak jelas dari desain ruang belajar yang satu ini meskipun furniture lain di dalamnya berwarna-warni. Ruang belajar ini juga hanya cocok untuk anak usia TK hingga SD di bawah kelas tiga. Anak dapat bermain sambil belajar dengan adanya perosotan pribadi di dalam ruangan. Beberapa kursi dan meja warna warni disebar di seluruh ruangan agar sekaligus dapat menjadi areal bermain anak bersama dengan teman-temannya yang datang ke rumah. Memiliki area permainan indoor juga lebih aman untuk anak. Lantainya dilapisi karpet karet berwarna abu-abu muda yang empuk sehingga nyaman untuk anak-anak.
  1. Ruang belajar ini diperuntukkan bagi anak-anak yang beranjak remaja. Dengan warna hijau yang asri dapat membantu menstimulasi sekaligus menjernihkan pikiran sehingga materi yang tengah dipelajari pun dapat dikuasai dengan lebih mudah. Warna putih yang bersifat sebagai penetral dari hijau karena terlalu mencolok turut pula memberikan ilusi luas pada ruang. Rak yang digunakan berupa rak dinding dengan susunan random, namun semuanya terbuat dari kayu berwarna putih pada tembok ruangan yang dicat hijau. Salah satu sisi meja juga menyatu dengan dinding sebagai penyangga. Meja di mana laptop dan alat tulis dapat diletakkan itu menghadap dinding kaca yang tembus pandang ke luar.
  1. Soft sekaligus girly. Perpaduan tersebut cocok sekali untuk ruang belajar gadis remaja seperti berikut ini. Cat dinding merupakan perpaduan dari warna hijau muda dan hijau terang, sedangkan lemari dan perangkat meja memiliki warna putih yang dikombinasikan dengan pink muda. Lantai kayu memberikan sentuhan etnik untuk ruang belajar ini agar tidak tampak kekanakan. Beberapa lukisan abstrak akan memberikan sentuhan lebih cantik pula pada ruangan. Tirai warna putih di sudut ruang belajar memakai motif bunga yang sesuai dengan konsep ruangan itu sendiri. Buku dan foto-foto disusun rapi pad arak dinding.
  1. Meskipun cukup girly, tapi ruang belajar ini cocok juga untuk anak laki-laki karena selain aksesori yang dipajang, warna dinding serta perabotannya cukup netral. Dinding serta menja memiliki warna senada, yakni putih. Sedangkan kursi berwarna biru, terbuat dari besi ringan. Dua buah lampu gantung di atas meja memberikan keunikan tersendiri.