Inspirasi Desain Taman yang Akan Membuat Hati dan Pikiran Nyaman

Memiliki sedikit ruang yang bisa digunakan untuk memelihara sedikit tanaman di rumah merupakan hal yang menyenangkan. Apalagi bagi seseorang yang memang mencintai dunia flora. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan di taman belakang rumah.

Kalau pun tidak suka bercocok tanam, halaman belakang rumah bisa digunakan untuk tempat melepas lelah setelah seharian bekerja di luar rumah. Apalagi jika di sore hari ditemani  oleh teh hangat dan pisang goreng yang baru saja diangkat dari penggorengan. Di bawah ini ada beberapa desain taman yang bisa diaplikasikan di sepetak tanah di sekitar rumah.

  1. Menghadirkan ayunan sebagai tempat duduk atau pun hiburan bagi anak

Menikmati tumbuhan yang ada di taman bisa dengan menggunakan ayunan. Ayunan seperti yang terlihat pada gambar bisa dijadikan tempat duduk untuk menghabiskan waktu di taman. Selain dengan ayunan, taman seperti ini bisa dilengkapi dengan air mancur berbentuk ceret.

Beberapa batu hias juga bisa ditambahkan sebagai pelengkap. Tata berbagai tumbuhan untuk hasil yang maksimal. Bagi yang tidak terlalu fokus dalam hal bercocok tanam, pilih saja tumbuhan yang mudah untuk dipelihara.

  1. Sungai buatan yang mengalir untuk relaksasi pikiran

Memiliki ukuran yang cukup luas untuk dijadikan taman di belakang rumah merupakan hal yang membahagiakan. Taman yang luas tersebut bisa ditata sedemikian rupa sesuai dengan keinginan. Hal tersebut bertujuan agar taman bisa digunakan sebagai tempat beristirahat.

Di penghujung minggu saat berkumpul dengan keluarga bisa dilakukan di halaman tersebut. Lain daripada biasanya, pada desain taman di nomor ini menampilkan aliran sungai buatan. Sungai buatan bisa dibuat berundak seperti yang terlihat pada gambar agar terdengar suara gemericik air jatuh.

Suara air seperti itu akan membuat rileks bagi para pendengarnya. Di sisi kanan dan kiri sungai buatan bisa diberi banyak tanaman untuk menambah kesegaran. Jangan lupa untuk menambahkan beberapa batuan di dalam sungai buatan.

  1. Memanjakan anggota badan yang digunakan untuk berjalan di rerumputan

Tidak selalu halaman belakang didesain dengan penuh tanaman yang menawan. Seperti yang terlihat pada desain taman di nomor ini, halaman belakang justru diisi dengan rerumputan. Hanya sedikit saja tanaman lain yang hadir mengelilingi taman tersebut.

Meja beserta kursi atau sofa juga bisa dihadirkan sebagai pelengkap di taman yang tersedia. jika para anggota keluarga sudah mulai bosan untuk duduk, mereka bisa bermain di atas rerumputan yang tersedia. taman seperti ini sungguh cocok bagi keluarga yang memiliki anggota keluarga bayi atau balita. Bermain bisa dilakukan di taman tersebut.

  1. Jika hanya digunakan sebagai ruang terbuka, tidak mengapa jika ukuran taman hanya seperlunya

Tidak semua taman harus didesain dengan ukuran yang luas. Seperti pada nomor ini, taman kecil didesain sedemikian rupa karena hanya berfungsi sebagai ruang terbuka. Ruang terbuka ini dimaksudkan untuk ventilasi, agar udara tetap terasa segar walaupun berada di padatnya kota dengan polusi yang ada.

Taman seperti ini bisa diisi dengan beberapa tanaman yang memiliki tinggi yang cukup seperti yang terlihat pada gambar. Bebatuan juga tidak salah untuk diletakkan. Bebatuan tersebut berfungsi sebagai pijakan jika ada yang ingin sedikit bermain di taman yang tidak terlalu luas tersebut.

  1. Tempat duduk tersembunyi di taman yang sepi

Taman juga bisa digunakan sebagai tempat melepas lelah. Hal tersebut bisa dilakukan dengan menikmati kopi bersama pasangan. Hal tersebut bisa diselingi dengan pembicaraan ringan tentang kemacetan ataupun hal yang harus segera dipikirkan seperti masa depan.

Taman pada nomor ini memiliki desain yang unik. Tempat duduk diletakkan diantara tumbuhan yang bertahan hidup untuk memberi kesegaran di sekitarnya. Atap yang terletak di atas tempat duduk bisa menggunakan fiber agar pancaran sinar matahari tetap terasa, tapi tetap terjaga ketika hujan tiba.

Desain taman seperti ini cocok bila ditambahkan dengan tanaman yang merambat. Tanaman tersebut bisa diletakkan pada tiang penyangga fiber ataupun pada dinding yang mengelilingi tempat duduk. Dijamin desain seperti ini bisa membantu penghuni rumah merasa nyaman untuk melepaskan sedikit beban.

  1. Bangun kolam di tengah taman agar terasa segar maksimal

Desain kali ini juga diperuntukkan bagi rumah yang memiliki sisa halaman yang cukup luas. Tidak harus selalu berisi banyak tanaman, bangun kolam di tengah taman juga bisa membuat nyaman. Fungsi kolam bisa disesuaikan dengan keinginan, entah digunakan sebagai kolam renang manusia atau pun kolam renang ikan.

Saran jika ingin membuat kolam untuk ikan, bisa diisi dengan ikan yang berfungsi sebagai refleksi. Ikan seperti ini bisa lebih bermanfaat jika dibandingkan kolam yang diisi dengan ikan hias. Ketika lelah melakukan aktivitas, para anggota keluarga bisa bersantai sejenak dengan menceburkan kaki untuk “dipijat” oleh ikan-ikan tersebut. Hal itu bisa sekaligus menghemat biaya untuk pijat, bukan?

  1. Memiliki hutan di dalam taman

Jangan diambil pusing karena ingin melakukan tracking di hutan yang terlalu jauh dari rumah, buat sendiri hutan di dalam rumah. Hutan seperti ini mudah untuk dibuat dan akan menjadi obat penawar rindu karena belum bisa bertemu dengan hutan yang sesungguhnya.

Desain taman seperti ini hanya membutuhkan beberapa tanaman besar dengan batangnya yang kokoh. Selain itu, jangan lupa untuk menghadirkan bebatuan besar agar kesan hutan semakin terasa. Akan lebih indah jika bebatuan yang ada sudah berlumut. Dapat dipastikan hutan impian akan mudah untuk dinikmati setiap harinya.

  1. Taman minimalis yang bisa dibuat di belakang rumah

Memiliki ukuran tanah yang sempit tidak menghalangi jalan untuk memiliki taman yang diinginkan. Bagi yang ingin memiliki taman, tapi tanah yang dipunya tidak berukuran luas, bisa menggunakan desain taman seperti yang terlihat pada gambar di nomor ini.

Pada desain taman ini terlihat penataan tanaman yang dilakukan di atas lantai halaman belakang yang sesungguhnya. Jadi taman dibuat seperti di lantai dua. Ada anak tangga yang disediakan untuk menikmati tanaman-tanaman di taman tersebut. Keberadaan sungai kecil juga bisa ditambahkan pada desain taman seperti ini

  1. Berada di tengah taman yang akan membuat nyaman

Desain ini bisa diaplikasikan pada rumah yang memiliki ukuran taman yang luas maupun sempit. Kursi diletakkan di tengah taman. Rerumputan dihadirkan dan banyak tanaman diletakkan mengelilingi kursi tersebut.

Desain meja dan kursi yang akan diletakkan di taman tersebut bisa disesuaikan dengan selera. Jia ingin senada, warna kursi dan meja bisa dibuat berwarna hijau. Keberadaan lampu taman juga bisa ditambahkan sebagai penghias untuk memperindah taman tersebut.

  1. Tetap ada taman walaupun rumah tidak memiliki halaman

Ibarat kata pepatah “Selalu ada jalan untuk pergi ke Roma”, begitu juga selalu ada cara untuk memiliki taman di rumah. Walaupun tidak memiliki halaman, taman tetap bisa dimiliki dengan desain seperti ini. Pada salah satu ruangan, beri tanaman merambat yang diletakkan di dinding seperti yang terlihat pada gambar. Desain seperti ini sangat membantu bagi orang-orang yang ingin memiliki ruang hijau, tapi tidak memiliki kesempatan karena terbatasnya ukuran tanah yang dimiliki.

Bagikan

Artikel Terbaru

  • Desain Eksterior Rumah

Ini 5 Jenis Pagar Rumah yang Bisa Dipilih Berdasarkan Materialnya

Pagar rumah merupakan bagian dari desain rumah yang perlu dipertimbangkan agar mendapatkan rumah idaman dan sekaligus dari perspektif privacy agar…

2 bulan yang lalu
  • Desain Eksterior Rumah

Ini 6 Pilihan Bentuk Jendela yang Unik untuk Rumah Anda

Jendela merupakan salah satu cara untuk mendapatkan sirkulasi udara agar ruangan rumah tidak pengap. Jendela juga menjadi bagian yang tak…

2 bulan yang lalu
  • Mebel dan Aksesoris Rumah

Ini 5 Pilihan Cat Rumah Terbaik yang Kualitasnya Bagus dan Tahan Lama

Setelah menentukan desain lantai yang akan digunakan, maka Anda perlu untuk menentukan cat rumah yang akan digunakan. Cat rumah juga…

2 bulan yang lalu
  • Desain Interior Rumah

Inilah 5 Jenis Desain Lantai Rumah yang Modern dan Unik

Desain rumah secara keseluruhan perlu dipilih untuk setiap bagian sesuai dengan selera dari rumah yang diinginkan. Desain lantai sama pentingnya…

2 bulan yang lalu
  • Desain Eksterior Rumah

Ini 4 Cara Perawatan Atap Rumah agar Tidak Mudah Bocor

Setelah memilih model desain atap rumah dengan material atau bahan terbaik, maka langkah selanjutnya agar atap tahan lama dengan melakukan…

2 bulan yang lalu
  • Desain Interior Rumah

Begini 4 Kriteria untuk Dapur Minimalis Rumah Tipe 36 yang Terbaik

Rumah minimalis menjadi kategori rumah yang diincar dan banyak diminati hingga hari ini. Tipe 36 merupakan salah satu tipe rumah…

2 bulan yang lalu