Kesalahan Dalam Bisnis Properti yang Wajib Dihindari

Banyak hal mempengaruhi kegagalan dalam bisnis properti. Kesalahan yang sering terjadi dalam bisnis properti, mulai dari tidak mau belajar tentang dasar-dasar berbisnis sampai terlalu lama mencari target sehingga tidak pernah action. Pada kesempatan kali ini kita sampaikan beberapa kesalahan lain yang seringkali terjadi, simak ulasan lengkapnya tentang Kesalahan Dalam Bisnis Properti  berikut ini.

Kesalahan 1 :

Terlalu jatuh cinta kepada property. Banyak sekali investor telah jatuh cinta dengan properti mereka. Dalam situasi bisnis sedang bagus-bagusnya, perputaran uang semakin naik tiap tahun, dan mereka merasa sudah sangat senang dengan tenant / pihak penyewa. Ada 2 hal penting untuk diperhatikan disini. Pertama, jangan tergoda untuk menjual rumah tersebut karena anda pikir kondisinya perputaran uangnya lebih tinggi daripada ketika membelinya dulu. Kedua, menjadi sangat akrab dengan tenant bisa membuat anda gagal dalam menjaga standard harga sewa di pasaran, ini bisa sangat menghambat potensi maksimal pertumbuhan bisnis properti.

Kesalahan 2 :

Gagal merencanakan tujuan akhir. Sebelum anda membeli properti pertama, selalu lakukan analisa mendalam pada kondisi finansial. Tentukan apa yang anda harapkan dari investasi properti tersebut, jangan sampai pembelian tersebut akan merugikan di masa depan.

Kesalahan 3 :

Mencoba membeli pada orang yang tidak termotivasi untuk menjualnya. Banyak sekali calon pembeli terus menerus mencoba mencari investasi properti yang tidak ada di pasaran, contohnya ketika rumah statusnya tidak dijual tapi tetap dipaksa dibeli karena pertimbangan lokasi strategis. Termasuk juga pada pemilik dengan tipe berikut “Rumah ini dijual… asal harganya cocok”, biasanya kalau ada kata-kata “asal harganya cocok” menunjukkan bahwa harganya lebih tinggi daripada harga pasaran.

Kesalahan 4 :

Kesalahan Dalam Bisnis Properti - Kesalahan Dalam Bisnis Properti yang Wajib Dihindari

Yakin bahwa dengan bisnis properti bisa kaya mendadak hanya dalam waktu semalam. Jangan percaya hal tersebut meskipun banyak orang yang disebut “ahli” sering memberitahu bahwa kita bisa kaya mendadak dalam waktu semalam. Bisnis tumbuh memerlukan waktu, usaha, dan kemauan untuk terus belajar tentang seluk beluk dunia properti. Satu hal paling penting yang harus selalu diingat adalah bahwa ANDA BISA, bergabunglah dengan jutaan orang yang menjadi kaya raya melalui bisnis properti.

Kesalahan 5 :

Investasi Properti tanpa modal tanpa uang sama sekali. Bagaimanapun juga suatu saat nanti pasti ada uang yang dibutuhkan untuk transaksi dan membuatnya untung. Hal tersebut bisa jadi biaya closing, perbaikan atau upgrade atau apa saja yang pasti membutuhkan uang. Anda bisa saja membiayai setiap keperluan mengenai bisnis ini dengan cara kredit di bank, tapi apakah anda mampu membayar cicilan bulanan? Pastikan untuk mempelajari semuanya terlebih dahulu sebelum bertindak.

Kesalahan 6 :

Tidak melakukan analisa finansial pada investasi properti yang potensial. Salah satu kesalahan terbesar para investor, karena investasi ini melibatkan sejumlah besar uang sehingga sangat disarankan agar selalu melakukan analisa mendalam sebelum memutuskan untuk melangkah. Jika anda melakukan investasi tanpa menganalisa terlebih dahulu, itu sama saja seperti berjudi.

Kesalahan 7 :

Berpikir bahwa cicilan KPR harus dilunasi segera ketika sudah mampu. Bagi para investor, KPR tidaklah buruk asal anda tahu bagaimana cara menggunakannya dengan benar. Bahkan KPR kedua dan ketiga bisa meningkatkan potensi investasi properti anda, pastikan untuk selalu belajar bagaimana cara menggunakannya dengan benar dengan resiko semininal mungkin.

Diatas telah kita bahas tentang 7 Kesalahan Dalam Bisnis Properti yang biasa terjadi, dan jika anda berhasil menghindarinya maka keuntungan besar menanti anda. Selamat berbisnis!