Langkah Memulai Bisnis Properti Tanpa Modal dari Nol

Langkah Memulai Bisnis Properti Tanpa Modal dari Nol – Banyak yang bilang bisnis properti itu membutuhkan banyak modal. Tanpa modal “katanya” kita tidak bisa terjun ke bisnis elit yang satu ini. Lantas apakah anggapan ini benar? Apakah bisnis properti tanpa modal itu memang tidak ada? Berikut penjelasan lengkap nya telah kami siapkan untuk Anda:

Bisnis Properti Tanpa Modal, Mungkinkah?

Sama seperti halnya bisnis – bisnis lain nya, bisnis properti tentu nya tidak bisa dijalankan tanpa membutuhkan modal sama sekali. Hanya saja, pada kenyataan nya, modal yang dibutuhkan untuk mulai terjun ke bisnis elit ini sudah dimiliki oleh hampir semua orang, sehingga pada akhir nya dapat dijalankan tanpa membutuhkan banyak modal tambahan.

Jika dilihat dari sudut pandang sempit, bisnis properti memang terlihat membutuhkan modal yang besar. Bagaimana tidak, nilai sebuah properti sendiri termurah saat ini sudah berada di angka puluhan juta rupiah. Berarti jika kita ingin bergelut ke bisnis ini kita membutuhkan modal dengan angka setara dengan nilai properti tersebut bukan?

bisnis properti sebagai pengembang developer - Langkah Memulai Bisnis Properti Tanpa Modal dari Nol

Nah, di sini lah seni dalam bisnis pemasaran. Kenyataan nya, di era sekarang ini, kita sudah bisa menjual (memasarkan) suatu produk tanpa perlu memiliki produk tersebut. Di era sekarang ini, untuk menjual satu petak tanah siap bangun atau pun bangunan rumah siap pakai, kita tidak harus membeli tanah atau pun rumah tersebut terlebih dahulu.

Dalam hal ini, yang perlu kita lakukan adalah menghubungi si pemilik produk properti untuk menawarkan jasa kita yaitu sebagai agen penjualan terhadap produk properti yang mereka miliki, entah itu sebidang tanah, rumah siap pakai, apartemen, dan lain sebagainya.

Maka dari itu, jika pertanyaan nya apakah bisnis properti tanpa modal ada atau tidak, maka jawaban nya adalah ada dan mungkin/bisa untuk dijalankan!

Langkah Memulai Bisnis Properti Kecil – Kecilan

Pada dasarnya, bisnis properti dapat digolongkan sebagai bisnis risk free atau pun bisnis tanpa resiko rugi sama sekali. Namun begitu, sama seperti hal nya menjalankan bisnis yang lain nya, memulai bisnis ini dari kecil tentu nya akan jauh lebih mudah, terlebih bila Anda belum memiliki pengalaman sama sekali.

Nah, untuk mempermudah perjalanan Anda, Anda dapat mengikuti langkah –langkah yang telah kami rangkum berikut ini:

  1. Kenali Dahulu Apa Itu Bisnis Properti yang Sebenarnya

Langkah awal yang wajib untuk Anda jalani adalah mengenal sebaik mungkin bidang bisnis yang ingin Anda tekuni. Dalam hal ini, Anda harus benar – benar mengenali seperti apa bisnis properti yang sebenarnya secara mendalam, sehingga nanti nya Anda akan lebih mudah untuk memulai bisnis properti tanpa modal milik Anda sendiri.

Beberapa hal yang harus Anda ketahui adalah jenis – jenis bisnis properti yang bisa dijalani, para pihak yang terkait dengan bisnis ini, sistem penjualan KPR, sistem pemasaran properti yang banyak digunakan oleh kompetitor, dll.

  1. Pilih Jenis Usaha dan Jenis Properti yang Cocok dengan Kebutuhan dan Keadaan Anda

Secara umum, ada dua pilihan utama yang dapat Anda pilih di bisnis sektor properti, yaitu sebagai perusahaan pengembang / developer properti dan sebagai perusahaan marketing agency / agen pemasaran produk – produk properti milik perusahaan / milik orang lain.

Nah, karena tujuan awal nya adalah untuk memulai bisnis properti tanpa modal, maka jenis bisnis yang paling rasional untuk dipilih adalah sebagai marketing agency / agen pemasaran properti milik perusahaan dan atau milik orang lain.

bisnis properti tanpa modal sebagai property agent - Langkah Memulai Bisnis Properti Tanpa Modal dari Nol

Disamping itu, Anda nanti nya juga harus menentukan jenis properti yang hendak Anda pasarkan. Proses penentuan nya sendiri cenderung agak subjektif dan bergantung pada target pasar yang hendak Anda sasar.

Dalam hal ini, jika target pasar yang ingin Anda tuju adalah masyarakat kalangan menengah ke atas, Anda dapat memilih jenis properti mewah seperti apartemen mahal dan rumah – rumah berukuran besar di perkotaan, sedangkan jika target pasar yang hendak Anda tuju adalah masyarakat kalangan bawah, Anda dapat memilih jenis properti berharga terjangkau seperti rumah susun, perumahan ukuran kecil yang ada di pinggiran kota atau pun pedesaan.

  1. Jalin Kerja Sama dengan Para Pihak Terkait

Setelah Anda menentukan jenis bisnis dan jenis properti yang hendak Anda pasarkan, langkah selanjutnya yang harus Anda tempuh adalah mencari dan menjalin kerja sama dengan para pihak yang terkait dengan usaha properti tanpa modal milik Anda.

Contohnya, bila Anda ingin menjalankan bisnis properti syariah dan menyasar pasar properti untuk kalangan masyarakat menengah ke bawah yang beragama muslim, Anda harus mencari developer properti yang menyediakan produk properti dengan harga terjangkau beserta dengan lembaga pembiayaan yang bersedia untuk menawarkan kredit dengan sistem syariah.

  1. Mulai dari Lingkungan Sekitar Anda

Untuk mempermudah dan memperlancar bisnis Anda, di tahap – tahap awal / tahap permulaan, Anda sebaiknya memulai bisnis properti Anda di lingkungan yang sudah Anda kenali.

Dengan begitu, nanti nya Anda tidak akan kesulitan untuk menjalin kerja sama dengan para pihak terkait, baik itu developer properti, lembaga pembiayaan, atau bahkan ke calon konsumen atau pun pembeli yang Anda jadikan sebagai target pemasaran Anda.

  1. Manfaatkan Fasilitas yang Tersedia

Di era teknologi seperti sekarang ini, proses pemasaran produk properti sudah bisa dijalankan dengan lebih mudah, lebih murah dan juga lebih cepat.

Ya, berbeda dengan satu dekade yang lalu dimana proses pemasaran produk properti hanya bisa dilakukan secara langsung via lisan, saat ini proses pemasaran produk properti sudah bisa dijalankan dengan menggunakan berbagai macam fasilitas teknologi yang sangat praktis seperti media sosial, website / blog pribadi, market place, dan lain sebagai nya.

Maka dari itu, agar perjalanan bisnis properti tanpa modal yang Anda jalankan bisa lebih lancar, Anda sebaiknya turut memanfaatkan semua fasilitas – fasilitas tersebut.

  1. Mulai Buat Brand Perusahaan

Agar usaha Anda bisa berkembang di masa mendatang, setelah bisnis properti Anda mulai berjalan, Anda sebaiknya mulai membuat dan memperkenalkan brand perusahaan Anda ke para pihak terkait, baik itu konsumen, developer, mau pun lembaga pembiayaan.

Dengan begitu, harapan nya brand usaha Anda bisa lebih dikenal oleh para pihak terkait sehingga proses perjalanan bisnis properti tanpa modal milik Anda pun bisa berlangsung dengan lebih lancar dan cepat.

  1. Lebarkan Skala Usaha Anda

Terakhir, jika semua langkah di atas telah berjalan dengan baik, Anda dapat mulai melebarkan skala usaha Anda baik itu dari jenis properti yang dipasarkan, dari sudut pandang target pasar yang hendak dituju, luas wilayah pemasaran, sampai dengan jenis pembiayaan yang tersedia untuk konsumen.

Nah, jadi bagaimana? Setelah membaca tulisan di atas, apakah Anda tertarik untuk segera memulai bisnis properti tanpa modal dari nol? Selamat mencoba dan semoga sukses ya!