Memulai Bisnis Properti Tanpa Modal, Bisakah?

Kedengarannya benar-benar tidak masuk akal untuk mengawali usaha di sektor properti / konstruksi yang kerapkali memerlukan dana besar, masalah legalitas yang rumit, alur kerja yang repot, dan seabrek tetek bengek agar rumah atau bangunan bisa selesai sesuai yang dijadwalkan. Terlebih untuk mengawali usaha baru umumnya belum cukup memiliki pengetahuan hingga membutuhkan eksperimen berkali-kali sampai pada akhirnya memetik hasil dari usaha tersebut, seluruhnya langkah eksperimen itu pasti membutuhkan modal dan energi besar. Pendapat ini boleh-boleh saja, tetapi tak ada kelirunya bila kita coba memerhatikan beberapa panduan mengawali Bisnis Properti Tanpa Ada Modal ini.

Pada awal mulanya telah kita sepakati bahwa tiap-tiap orang sebenarnya telah diberikan modal yang besar oleh Tuhan Yang Maha Esa berbentuk badan yang prima serta sehat dibarengi bermacam jenis sarana kehidupan yang mensupport untuk berkarya, hal semacam itu pastinya sangatlah cukup untuk jadikan bekal mengawali usaha, tetapi kerapkali kita terjerat dengan pola pikir bahwa yang namanya modal itu yaitu uang.

Bagaimanakah Cara Mengawali Bisnis Properti dengan Modal Kecil

Di bawah ini beberapa langkah, ide dan inspirasi yang dapat dikerjakan, semoga bisa memberikan wacana untuk anda atau mungkin membuka secercah harapan untuk yang akan menerjuni dunia properti namun kesusahan dalam soal keuangan.

  1. Perencanaan, buat langkah kecil serta action (lakukan tindakan)

Susunan kata diatas berikan kekuatan positif yang sangatlah besar untuk beberapa pelaku bisnis. Untuk mengawali usaha ini memanglah perlu pemikiran yang besar, tetapi terkadang kita terjerat dimana sebuah pemikiran besar kita memerlukan usaha yang besar juga. Janganlah down dahulu menyaksikan rumitnya usaha bisnis ini. Kita bakal memberi deskripsi pada Anda bahwa untuk melakukan bisnis properti sangatlah dapat diawali dari hal-hal yang kecil bahkan juga simpel.

Umpamanya Anda mungkin saja dapat mengawalinya menjadi broker. Tetapi keuntungan seorang broker tak seberapa. Bagaimanakah bila kita berikan anjuran utk menjadi pengembangan perumahan atau developer dalam taraf kecil.

Empat, lima, atau mungkin 6 unit rumah, bahkan juga 1 rumah juga bisa membuat serta menghantarkan anda jadi developer sukses nanti kedepannya (who knows). Ingat cukup cuma satu rumah. Tetapi untuk wujudkan yang dimimpi besar Anda, janganlah cuma berhenti di satu rumah saja. Konsentrasi serta eksistensi yang berkelanjutan sangatlah diperlukan disini.Umpamanya saja mengarah sasaran pada lingkup perumahan kecil, jadi Anda tidak bakal terkait dengan birokrasi perijinan yang rumit. Di banyak daerah batasannya berlainan. Umumnya diatas 4 kavling, kita telah harus mengurus perijinan dari mulai fatwa area sampai dengan ijin lokasi. Sedang maksimal 4 kavling, kita cukup ajukan Ijin Membangun Bangunan (IMB). Ini bakal menekan besarnya modal yang harus kita keluarkan.

  1. Modal tidak haruslah besar, dapat juga dengan modal kecil

Untuk masalah dana atau modal tidak mesti besar. Atau mungkin saja kita telah mempunyai tanah kavling yang siap dibangun. Tak tahu itu punya orang tua, teman dekat atau orang lain yang ingin bekerja bersama dengan kita. Kita tak perlu beli kavling siap bangun, Tinggal buka koran, mencari iklan baris bertopik Tanah Dijual, telephone serta berikan maksud kita. Singkat narasi, anda telah memiliki kavling siap bangun.

Lantas, nantinya untuk membangun rumah gunakan uang siapa? Mudah, janganlah kalah akal. Jika tanah telah dikuasai, Anda tinggal memasarkan berikut desain rumahnya. Tentukan saja down-payment (DP) penjualan sebesar 30% dari harga jual. Itu telah memenuhi modal kita untuk bangun rumah. Modal besar, pasti mempunyai resiko serta tanggung-jawab yang semakin besar. Modal kecil, pasti dengan tingkatan resiko yang lebih kecil. Tinggal kita ingin tentukan yang mana. Janganlah berpikir rumit untuk mengawali bisnis properti, awalilah dari hal yang paling kecil dan sederhana.

  1. Kreativitas dan Kaya Ide

Inspirasi ide lainnya, misalnya: Jalan-jalan dikomplek perumahan untuk temukan rumah yang akan dijual, bertanya pada pemilik rumah berapakah harga jual yang diinginkan. setelah itu kita dapat mencari calon konsumen yang bersedia beli di atas harga yang ditawarkan pemilik rumah (istilahnya bisa juga broker). akhirnya kita memperoleh keuntungan dari selisihnya harga jual serta pemilik rumah pasti juga terasa terbantukan lantaran bisa jual tempat tinggalnya dengan cara cepat.

  1. Cari dan Temukan Pihak yang mau diajak kerjasama

Atau inspirasi ide bisnis properti tiada modal lainnya misalnya: cari dan dapatkan pihak-pihak yang mau diajak kerjasama dengan anda untuk memulai usaha tanpa modal (keuntungannya nanti dibagi setelah usaha tersebut membuahkan hasilnya). Carilah pemilik tanah yang bersedia diajak bekerja bersama, lantas mencari arsitek untuk membuat desain bangunannya, setelah itu mencari kontraktor atau investor yang ingin membangunnya. Paling akhir kita dapatkan konsumen yang ingin beli bangunan rumah itu. Nah.. kita bagikan keuntungan yang didapat dari hasil penjualan unit tersebut secara adil dengan seluruhnya pihak yang bekerja bersama, termasuk juga kita juga memperoleh pendapatan cuma dengan inspirasi yang kita ajukan

  1. Agen Property dan Manfaatkan Teknologi Internet

Jadi agen properti, kita cuma butuh bikin merk usaha untuk dikenal orang-orang. Tempatnya dapat memakai situs dengan cara on-line atau memakai rumah pribadi. Bila ada yang menitipkan bangunan rumahnya untuk dipasarkan jadi kita dapat memperoleh komisi dari penjualan rumah properti itu. Bikin situs jual beli properti, tiap-tiap orang dapat menitipkan iklan penjualan properti dengan cara gratis, tetapi iklannya untuk dapat terlihat pada halaman paling utama atau gampang dilihat/dibaca pengunjung mereka harus bayar iklannya atau pesan yang iklan premium dengan biaya yang telah anda tetapkan

Dunia usaha properti itu luas, jadi makin kreatif maka terdapat banyak kesempatan bisnis yang dapat dikerjakan. misalnya saat kita saksikan tanaman pada komplek perumahan kurang tertangani jadi kita dapat tawarkan layanan pengelolaan mencakup pemupukan, penanaman serta penyiraman tanaman.

Strategi dan Kiat Menjadi Developer Sukses

Strategi-strategi ini mesti diaplikasikan secara berkelanjutan, agar anda menuai manfaatnya dari strategi ini.

  • Pertama, lakukan penelitian serta perkiraan pada kondisi bisnis yang dihadapi. Langkah ini utama untuk membaca potensi pasar. Umpamanya: Anda berdiri sebagai pihak developer ikut juga memikirkan menyediakan sebuah unit rumah yang murah dan cara proses penjualan unit rumah tersebut dapat terjangkau oleh masyarakat kelas bawah (orang-orang berpendapatan rendah).  Misalnya menjual unit rumah dengan DP kecil, serta angsuran perbulannya kecil (namun tentu saja dalam tempo yang lama untuk sampai pelunasannya, misal: 25 tahun). Hal ini juga peluang untuk usaha sekalian menolong mereka memperoleh unit rumah yang mereka idamkan.
  • Kiat ke-2, yaitu membuat business plan. Bisnis tanpa ada rencana tidak mungkin dapat maksimal. Bagaimanakah kita memastikan target, jalankan manajemen waktu yang baik, manajemen keuangan dengan cara ketat, serta manajemen modal secara bijaksana dapat sangatlah menentukan.
  • Kiat ke-3 yaitu berburu area. Upayakan mencari lokasi yang masihlah belum tergarap secara maksimal, tetapi dengan terus mempertimbangkan perkiraan dan prediksi pengembangannya lokasi ini di hari esok.
  • Kiat ke empat yaitu segera mungkin lakukan tindakan riil. Inti bisnis terdapat pada action. Kerjakan berdasarkan apa saja yang kita lihat, bukanlah berdasarkan anggapan saja, serta kerjakan saat ini juga.
  • Kiat ke lima yaitu lakukan pemasaran dengan beberapa langkah yang unik serta dapat menarik perhatian pangsa pasar.
  • Kiat ke-6 yaitu selalu berikhtiar serta berdoa. Selalu berupaya, selalu berikhtiar, senantiasa berdoa. Kuasa Tuhan YME merupakan segalanya.

Demikian beberapa info, ide dan inspirasi perihal bagaimana memulai usaha Bisnis Properti Tanpa Ada Modal, dan Strategi menjadi seorang pengusahawan sukses. Semoga Artikel kali ini dapat memberikan manfaat dan wacana, serta inspirasi untuk anda. Selamat berkarya!!

Bagikan

Artikel Terbaru

Ini 5 Jenis Pagar Rumah yang Bisa Dipilih Berdasarkan Materialnya

Pagar rumah merupakan bagian dari desain rumah yang perlu dipertimbangkan agar mendapatkan rumah idaman dan sekaligus dari perspektif privacy agar…

8 bulan yang lalu

Ini 6 Pilihan Bentuk Jendela yang Unik untuk Rumah Anda

Jendela merupakan salah satu cara untuk mendapatkan sirkulasi udara agar ruangan rumah tidak pengap. Jendela juga menjadi bagian yang tak…

8 bulan yang lalu

Ini 5 Pilihan Cat Rumah Terbaik yang Kualitasnya Bagus dan Tahan Lama

Setelah menentukan desain lantai yang akan digunakan, maka Anda perlu untuk menentukan cat rumah yang akan digunakan. Cat rumah juga…

8 bulan yang lalu

Inilah 5 Jenis Desain Lantai Rumah yang Modern dan Unik

Desain rumah secara keseluruhan perlu dipilih untuk setiap bagian sesuai dengan selera dari rumah yang diinginkan. Desain lantai sama pentingnya…

8 bulan yang lalu

Ini 4 Cara Perawatan Atap Rumah agar Tidak Mudah Bocor

Setelah memilih model desain atap rumah dengan material atau bahan terbaik, maka langkah selanjutnya agar atap tahan lama dengan melakukan…

8 bulan yang lalu

Begini 4 Kriteria untuk Dapur Minimalis Rumah Tipe 36 yang Terbaik

Rumah minimalis menjadi kategori rumah yang diincar dan banyak diminati hingga hari ini. Tipe 36 merupakan salah satu tipe rumah…

8 bulan yang lalu