Tips Meletakan Kap Lampu di Ruangan Rumah Anda

Tips Meletakan Kap Lampu di Rumah Anda – Kap lampu memang selalu menjadi andalan untuk dijadikan elemen dekoratif pada interior rumah Anda. Hal tersebut wajar, karena memang sangat cocok untuk diletakan pada interior ruangan karena memberikan kesan hangat dan juga teduh. Namun, mereka juga tidak bisa begitu saja diletakan pada suatu ruangan. Tetap ada hal yang harus diperhatikan dalam meletakan kap lampu dalam suatu ruangan. Berikut ulasan tentang hal yang harus diperhatikan Tips Meletakan Kap Lampu pada suatu interior di rumah.

Ruangan

Sebelum meletakan kap lampu, Anda perlu memikirkan ruangan yang akan menggunakan kap lampu. Apa desainnya, serta seberapa luas ruangan tersebut.

hiasan rumah dengan kap lampu cantik - Tips Meletakan Kap Lampu di Ruangan Rumah Anda

Hal tersebut akan berpengaruh terhadap bagaimana kap lampu tersebut akan terlihat nantinya. Apakah dibuat menonjol, menggantung atau berbaur dengan furnitur lainnya.

Cahaya

Kembali ke fungsinya sebagai lampu yakni pencahayaan, memasang kap lampu harus disesuaikan dengan seberapa banyak cahaya yang dibutuhkan dalam ruangan tersebut. Hal tersebut sangat berhubungan dengan bola lampu jenis apa yang akan dipakai serta seberapa besar daya listrik yang dibutuhkan.

Tempat

Biasanya kap lampu diletakan pada meja atau furnitur khusus. Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan komposisinya. Buatlah meja sesuai dengan ukuran yang pas, tidak terlalu besar serta tidak terlalu kecil. Terdapat juga beberapa kap lampu yang secara desain telah disertai dengan tiang penyangga sendiri maupun menggantung pada langit-langit atau plafon rumah. Untuk meletakannya, pasti harus memperhatikan komposisi ruangan yang akan diaplikasikan.

Bola Lampu

panduan tata letak kap lampu interior ruangan rumah - Tips Meletakan Kap Lampu di Ruangan Rumah Anda

Seperti yang telah dijelaskan tadi bahwa bola lampu yang ada harus disesuaikan dengan seberapa banyak cahaya yang dibutuhkan. Apabila Anda ingin menciptakan ruangan yang sedikit teduh dan remang, maka disarankan untuk memasang lampu dengan cahaya sedikit redup. Begitu pula jika anda menginginkan sebaliknya, sesuaikan dengan kebutuhan suasana yang ingin anda bangun. Atau Anda juga bisa memasang controller yang dapat mengatur volume cahaya yang dikeluarkan.

Ukuran

Ukuran jelas menjadi acuan karena menentukan besaran ruangan yang akan diaplikasikan. Pastikan komposisinya seimbang dan harmonis. Bagian bawah lampu harus bisa menutupi saklar agar tidak mengganggu kesan estetis pada lampu.  Umumnya ketinggian naungan kap lampu sekitar tiga perempat dari tinggi dasar lampu. Bagian bawahnya pun harus bisa lebih luas dari area naungan kap agar lampu dapat keluar dan menerangi ruangan.

Demikianlah tadi ulasan kita pada kesempatan kali ini mengenai beberapa Tips Meletakan Kap Lampu yang dapat melengkapi dan memperindah interior ruangan rumah anda. Meskipun hal diatas bisa menjadi pedoman dan acuan untuk meletakan lampu kap, namun jangan ragu untuk berkreasi dengan lampu kap asalkan masih menghasilkan dekorasi yang harmonis dan seimbang. Semoga ulasan diatas dapat bermanfaat dan menginspirasi, selamat berkreasi!