Tips Memilih dan Merawat Sofa Rumah Anda

Sofa, adalah bagian dari kebutuhan dalam rumah tangga. Biasanya sofa digunakan dan diletakkan pada ruang tamu untuk menjamu kerabat atau teman yang berkunjung ke rumah, pada ruang keluarga untuk bersantai dan berkumpulnya keluarga, atau di tempat-tempat lainnya seperti kamar tidur utama, teras, atau ruang baca.

Kebutuhan akan sofa, membuat kita menjadi lebih cermat dalam memilih dan merawatnya. Agar sofa tak mudah kotor, usang, ataupun rusak,  beberapa Tips Memilih dan Merawat Sofa di bawah ini mungkin bisa menjadi acuan bagi Anda saat memilih atau merawat sofa.

Tips Memilih dan Merawat Sofa Anda - Tips Memilih dan Merawat Sofa Rumah Anda

  • Sebelum membeli sofa, pastikan terlebih dahulu karakter ruangan untuk penempatan sofa tersebut. Pilihlah sofa berdasarkan ruangan yang ada, sehingga sofa tidak terlalu besar dan pas dengan ruangan. Pilih sofa yang juga cocok dengan keinginan dan keuangan yang ada. Lebih baik lagi, bila pemilihan sofa berdasarkan tema dari rumah yang Anda miliki. Apakah itu minimalis, klasik, tradisional, atau lainnya.
  • Pastikan apakah sofa tersebut berkualitas baik. Pada umumnya dapat dilihat dari bahan busa yang dipakai, untuk menjaga tekstur sofa selain kumparan pegas yang harus padat dan tak mudah melar. Perhatikan juga tekstur dan unsur bahan pelapis (upholstery).
  • Gaya dan bahan pada sofa mungkin juga perlu diperhatikan sesuai dengan kondisi rumah. Bila rumah berukuran mungil, pilihlah sofa yang simpel atau klasik dengan warna kalem untuk menghindari kesan sempit pada rumah. Sebaiknya, rumah dengan ukuran besar, bisa dipilih sofa dengan gaya modern, Art Deco atau Victoria untuk mendapatkan kesan mewah. Sementara rumah model studio, bisa memakai gaya minimalis, simpel, klasik, atau hi-tech.
  • Sesuaikan penataan sofa dengan fungsi dan kebutuhan ruangan. Sofa untuk ruang tamu, sebaiknya memakai dua atau tiga dudukan, tergantung luas ruangan. Untuk ruang keluarga, bisa menempatkan satu dudukan besar untuk menciptakan keakraban.
  • Penggunakan bahan pelapis (upholstery) yang disesuaikan dengan tren mode, juga bisa dilakukan. Karena keuntungan menggunakan pelapis, merupakan  kebebasan untuk mengganti suasana tanpa harus membeli sofa yang baru.
  • Luas ruangan yang terbatas, sebaiknya tidak diisi dengan sofa besar. Karena akan memberikan kesan sempit dan perabot lainnya tidak tampak menonjol. Demikian pula halnya untuk penempatan sofa yang bercorak dan polos. Sebaiknya, sesuaikan dengan kondisi ruangan dan perabotan yang ada.
  • Pemilihan sofa berbahan terang, memang akan cepat menjadi kusam. Sedangkan yang berwarna gelap, cenderung akan lebih awet dan tidak cepat kotor. Hal ini, bisa menjadi pertimbangan Anda ketika ingin membeli sofa. Agar dalam perawatannya pun, tidak membuat Anda kesulitan.
  • Sofa bisa dillindungi dengan obat kimia yang berfungsi sebagai pelindung debu. Selain itu juga bisa melindungi dari kerusakan yang disebabkan oleh hewan peliharaan atau karena kelalaian dan kesalahan kita.
  • Hindari menempatkan sofa dalam ruangan yang memiliki jendela besar agar debu tidak mudah masuk dan merusak warna serta ketahanan bahannya.  Jangan pula letakkan sofa berdekatan dengan lampu berpenerangan besar, sehubungan dengan adanya bahan-bahan tertentu yang mungkin mudah bereaksi dengan cahaya terang.
  • Saat membersihkan sofa, gunakan jasa khusus pembersih sofa yang memiliki peralatan lengkap supaya penanganannya tepat dan tidak mudah menjadi merusak.

Demikianlah tadi beberapa Tips Memilih dan Merawat Sofa yang dapat anda aplikasikan dalam menentukan pilihan serta dalam hal perawata sofa yang dapat melengkapi sekaligus memperindah interior rumah secara keseluruhan. Semoga dapat bermanfaat!